BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi telah
memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses
pembelajaran. Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu pedoman. Pengembangan
iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang
bahkan memuja iptek sebagai acuan yang akan membebaskan mereka dari masalah
yang di hadapinya. Iptek diyakini akan memberi umat manusia, kebahagiaan.
Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat
dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa
iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.
Dalam peradaban modern yang sekarang ini, terlalu
sering manusia terbawa oleh dampak negatif
iptek terhadap kehidupan umat manusia. Khususnya mahasiswa yang sekarang
ini lebih mudah mengerjakan soal uas dengan mencontek melalui internet,
sehingga membuat mahasiswa tidak berfikir lagi untuk belajar di rumah. Itu bisa
membuat remaja saat ini menjadi tidak jujur sampai kedepanya. Dan juga
hilangnya budaya tradisional, dengan berdirinya berbagai gedung mewah seperti
mal, perhotelan dll , mengakibatkan hilangnya budaya tradisional seperti
kegiatan dalam perdagangan yang dulunya lebih di kenal sebagai pasar
tradisional kini berubah menjadi pasar modern. Begitu juga terhadap pergaulan
anak-anak dan remaja sekarang sudah mengarah pada pergaulan bebas. Kemajuan
teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini,
karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu
pengetahuan.
1.2. Rumusan Masalalah
o Apa yang Di Maksud Dengan Sains,Teknologi,dan Seni?
o Apa makna
Sains, Teknologi , dan Sains bagi manusia ?
o Apa saja
makna manusia sebagai subjektif dan objektif IPTEK ?
o Apa Saja
Contoh Penyalahgunaan IPTEKS dalam Kehidupan Manusia?
1.3. Tujuan
Adapun Tujuan dari Makalah ini, yaitu:
o Mengetahui Pengertian Sains,Teknologi,dan Seni.
o Mengetahui
makna Sains , Teknologi dan Seni bagi manusia
o Mengetahui
makna manusia sebagai objektif dan objektif
o Mengetahui
dampak Penyalahgunaan IPTEKS bagi kehidupan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Sains,Teknologi, dan Seni
(IPTEKS)
1.Sains
SAINS Yaitu Ilmu yang teratur (sistematis) yang dapat di uji atau di buktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata (misal fisika, kimia, biologi). Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia.
SAINS Yaitu Ilmu yang teratur (sistematis) yang dapat di uji atau di buktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata (misal fisika, kimia, biologi). Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Sains
merupakan satu proses untuk mencari dan menemui sesuatu kebenaran melalui
pengetahuan (ilmu) dengan memahami hakekat mahluk, untuk menerangkan
hukum-hukum alam.
2. Teknologi
KONSEP
TEKNOLOGI Adalah realitas kenyataan yang diperoleh dari dunia ide. Teknologi
dalam makna subjektif adalah keseluruhan peralatan dan prosedur yang
disempurnakan, sampai pernyataan bahwa Teknologi adalah segala hal. Teknologi
berasal dari kata Yunani kuno , techne dan Logia . Techne berarti seni
kerajinan. Kemudian lahirlah perkataan technikos yang berarti seseorang yang
memiliki ketrampilan tertentu.
Menurut Jaques Ellul
(1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai ”keseluruhan metode yang secara
rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan
manusia.” Pengertian teknologi secara umum adalah:
*Proses yang meningkatkan nilai tambah
*Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan
kinerja
*Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan
Ada pun
tiga macam teknologi yang sering dikemukakan para ahli , yaitu :
a.
Teknologi Modern Ciri-cirinya Padat Modal, mekanis
elektrik, Menggunakan barang import, berdasarkan penelitian mutakhir, dll
b.
Teknologi Madya Padat karya, dapat dikerjakan oleh
ketrampilan setempat, berdasarkan alat penelitian
c.
Teknologi Tradisional Bersifat padat karya, menggunakan
ketrampilan setempat, menggunakan bahan setempat, berdasarkan kebiasaan atau
pengamatan
3. Seni
Janet Woll mengatakan bahwa seni adalah produk social. Sedangkan menurut
Kamus B.Indonesia, seni adalah keahlian yang membuat karya yang bermutu
(dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dll), seperti tari, lukis, ukir,
dll.
Maka konsep pendidikan yang memerlukan ilmu dan seni adalah proses atau upaya
sadar antara manusia dengan sesame secara beradab, di mana pihak kesatu secara
terarah membimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian pihak kedua secara
manusiawi yaitu orang perorang. Oleh karena itu, budi bahasapun adalah suatu
seni.
2.2 Makna Sains, Teknologi , dan Seni bagi manusia
1.
Perkembangan Teknologi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi dapat mendatangkan keuntungan
dan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan adanya hal
tersebut pula, muncul berbagai cabang-cabang
ilmu pengetahuan, seperti misalnya:
a.
Penggunaan teknik nuklir, orang dapat membuat reaktor
nuklir yang dapat menghasilkan zat-zat radioaktif, dimana zat ini dapat
dimanfaatkan untuk maksud damai. Misalnya, untuk keperluan bidang kesehatan (sinar
rontgen), dibidang pertanian untuk memperbaiki bibit, untuk mendapatkan energi
tinggi.
b.
Penggunaan teknologi hutan. Hutan mempunyai banyak fungsi:
kertas, industri kayu lapis/ bahan bangunan, untuk tempat penyimpanan air,
objek pariwisata, dan lain-lain.
Pengetahuan
dan teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan keterampilan dan kecerdasan
manusia. Karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
memungkinkan:
* Tersedianya sarana dan prasarana
penunjang kegiatan ilmiah.
*Meningkatkannya kemakmuran materi dan
kesehatan masyarakatnya.
2.
IPTEK dan Nilai
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak sangat cepat, sehingga perlu ditanggapi
dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Dalam
menghadapi era teknologi modern dan industrialisasi, maka dituntut adanya
keahlian untuk menggunakan, mengelola, dan senantiasa menyesuaikan dengan
teknologi-teknologi dan ilmu pengetahuan yang baru. Selain itu sikap mental dan
nilai hidup yang harus mengarah terhadap nilai tersebut.
Dengan
adanya kemajuan teknologi, terbukti bahwa bagi mereka yang dapat
memanfaatkannya dengan bijak, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam
meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Namun di pihak lain, baik di Negara maju
maupun berkembang, teknologi justru dapat berdampak buruk seperti,
sumber-sumber daya alam akan habis, pembawa polusi atau pencemaran, dan
mengakibatkan meningkatnya pengangguran.
2.3
MANUSIA
SEBAGAI SUBJEK DAN OBJEK IPTEK
Berkat
kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat menciptakan alat-alat serta
perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan. Hal ini memungkinkan manusia
dapat melakukan kegiatan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan ilmu dan
teknologi tumbuhlah berbagai industri yang hasilnya dapat dimanfaatkan dalam
berbagai bidang, anatara lain :
1.
Dalam bidang pertaniaan, peternakan, dan perikanan
a.
Mampu menciptakan alat pertanian yang maju. Dengan
alat-alat tersebut diharapkan manusia dapat menggunakan waktu dan tenaga lebih
efektif dan efisien.
b.
Produk pupuk buatan dapat membantu menyuburkan tanah,
demikian juga dengan produk pesstisida dapat memungkinkan pemberantasan hama
lebih berhasil.
c.
Teknik-teknik pemulian dapat meningkatkan produk pangan.
d.
Teknik mutasi buatan dapat menghasilkan buah-buahan yang
besar serta tidak berbiji.
e.
Teknologi pengolahan pascapanen dan.
f.
Budi daya hewan dapat meningkatkan pendapatan dan
kesejahteraan manusia.
2. Dalam
bidang kedokteran dan kesehatan
Dengan hasilnya manusia menciptakan alat-alat operasi
mutakhir, bermacam-macam obat, penggunaan benda radioaktif untuk pengobatan dan
mendiagoniskan berbagai penyakit. Contoh obat yang mengandung unsur radioaktif
adalah isoniazid yang mengandung
radioaktif, sangat radioaktif, sangat efektif dan menyembuhkan penyakit TBC.
3. Dalam
bidang telekomunikasi
Manusia telah membuat televisi, radio, telepon yang dapat
digunakan untuk berkomunikasi dengan cepat dalam waktu yang singkat manusia
dapat memperoleh informasi dari daerah yang sangat jauh.
4. Dalam
bidang pertahanan dan keamanan
Manusia telah mampu menciptakan alat atau persenjataan yang
sangat canggih, sehingga dapat mempertahankan keamanan wilayahnya dengan baik.
2.4
Dampak penyalahgunaan IPTEK bagi kehidupan
1. Nuklir
Contoh
dari penyalah gunaan nuklir bagi
kehidupan adalah dijatuhkannya bom di Hirosima dan Nagasaki pada perang dunia
pada oerang dunia II yang menyebabkan radiasi sampai sekarang dan juga
radioaktif yang merusakan sel tubuh yang berujung kangker.
2. Polusi
Pencemaran
yang disebabkan oleh aktivitas manusia :
a. Kegiatan-kegiatan industri
b. Kegiatan pertambangan
c. Kegiatan transportasi
d. Kegiatan pertanian
Suatu zat dikatakan polutan bila :
a. Kadar melebihi batas normal.
b. Berada padat tempat yang tidak semestinya.
c. Berada pada waktu yang tidak tepat.
Sifat-sifat polutan :
a. Merusak untuk sementara
b. Merusak setelah jangka waktu
tertentu
3. Bagian bencana polusi
a. Yang langsung menggaungu kesehatan
manusia
b. Efek tak langsung pada manusia
c. Efek langsung yang mengancam
kualitas kehidupan manusia
d. Efek tak langsung terhadap
masyarakat
Pencemaran lingkungan dapat berupa
:
v Pencemaran air tanah
a.
Zat
kimia seperti limbah industri
b.
Sampah
plastik
c.
Zat-zat
limbah industri
d.
Berbagai
sampah organik yang dibuang di sungai
e.
Pembusukan
yang berlebihan di perairan
f.
DDT
v Pencemaran udara
a.
Pembakaran
bahan bakar yang tidak sempurna dari
pabrik
b.
Asap
rokok
c.
Gas-gas
yang merupakan pencemaran udara : CO,CO2,NO,NO2,SO, dan
SO2
v Pencemaran suara
a. Suara berkekuatan Lebih besar dari 80dB
seperti :
1. Keributan,
2. Suara kereta api
3. Pesawat jet lepas landas dapat
menimbulkan gangguan pada sistem pendengaran yang berujung pada :
Perubahan
tekanan darah, penambahan denyut nadi, kontraksi perut, gangguan jantung, dan
stres.
v Pencemaran sosial dan budaya
Kemajuan kehidupan di kota-kota besar membawa pengaruh yang
sangat cepat trehadap kehidupan di perdesaan. Dalam suatu segi hal ini membawa
pengaruh yang kurang baik misalnya penduduk desa menjadi konsumtif adanya
perubahan kebudayaan yang kurang baik terhadap muda-mudinya.
v Klonasi/Kloning
yaitu rekayasa duplikasi atau multiplikasi manusia secara seksual dengan
klonasi. Dampak kurang baik yaitu bertentangan dari segi agama.
v Efek
Rumah Kaca Yaitu disebabkan pencemaran udara yang mengandung zat-zat yang dapat
mengubah suhu udara. Sehingga sinar ultra violet yang dapat membahayakan
manusia tidak dapat disaring lagi oleh lapisan ozon, shg langsung menuju bumi
dan akhirnya diam dan bersirkulasi.
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Ø Manusia tidak lepas dari Ilmu Pengetahuan ,Teknologi dan Seni
Ø Kemajuan
teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan ini,
karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu
pengetahuan.
Ø IPTEKS di manfaatkan
oleh manusia,terutama dalam memudahkan pemenuhan kebutuhan hidup.
Ø Disamping
keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi
tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif,
Ø Sains
adalah ilmu pengetahuan yang teratur (sistematis) yang dapat diuji kebenarannya
sesuai dengan realita.
Ø Teknologi
merupakan keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan
suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan,
Ø Sains dan
teknologi berkembang melalui penemuan, penciptaan melalui berbagai bentuk
inovasi dan rekayasa. Kegunaan IPTEK, untuk mempermudah suatu pekerjaan dan
untuk memecahkan berbagai masalah (problem solving), untuk menghasilkan suatu
produk, dan sebagainya. IPTEK tanpa nilai, moral, norma dan hukum akan sangat
berbahaya
Ø Makna
sains, teknologi dan seni bagi manusia
Ø Perkembangan
teknologi
Perkembangan IPTEK dapat mendatangkan kemakmuran
materi.
Ø Iptek dan
nilai
Ø Perkembangan
IPTEK sangat cepat sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan.
IPTEK dapat bernilai positif jika kita dapat memanfaatkannya dan dapat bernilai negatif bagi mereka yang tidak dapat memanfaatkannya.
IPTEK dapat bernilai positif jika kita dapat memanfaatkannya dan dapat bernilai negatif bagi mereka yang tidak dapat memanfaatkannya.
DAFTAR
PUSTAKA
* BUKU ISBD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar